selamat datang.....!

Find Us On Facebook

Blog Roll

Blogroll

Advertisement

Facebook

Advertising

Wednesday, December 28, 2016

Tips dan Cara Mengatasi Komputer Di Serang Virus Ransomware

 Hi gun kali ini kita akan membahas tentanng virus ransomware, virus ransomware adalah mimpi buruk bagi pengguna komputer di seluruh dunia. Sejauh ini, ransomware adalah jenis virus yang masih sulit untuk dijinakkan dan tidak bisa dihindari, bayangkan tiap kali kalian buka komputer atau laptop terus muncul pesan komputer tidak dapat di akses,apabila ingin di akses silahkan kirim uang ke rekening ini. Wah pasti kesel kan sobat.Namun, kamu dapat mengambil beberapa tindakan untuk melindungi diri sendiri. Dikutip dari Tech Viral, opsi pencegahan merupakan metode terbaik untuk mengatasi serangan ransomware. Simak ya!

Cara Mengatasi Virus Ransomware

1. Back Up Data

backup
Banyak korban yang membayar uang tebusan untuk dapat 'membuka' komputer mereka lagi. Keputusan mereka ini membuat ransomware menjadi salah satu modus serangan cyber yang paling menguntungkan.
Itu sebabnya back up data adalah salah satu pertahanan terbaik untuk menangkis serangan ransomware. Dalam kasus ini, back up data berarti segalanya.

2. Back Up Online dan Offline

cloud storage
Back up data tidak akan membantu jika kamu tidak melakukannya dengan benar. Karena terkadang serangan ransomware juga bisa mengincar sistem penyimpanan back up.
Untuk itu, kamu bisa melakukan back up dua arah yakni offline dan online. Misalnya, kamu dapat back ke server lokal. Pastikan mereka offline dan tidak terhubung ke sistem desktop, sehingga mereka tidak rentan terhadap serangan.
Selain itu, kamu juga bisa menyimpan ke hard disk ekstrenal. Sementara, untuk penyimpanan online kamu bisa mengandalkan layanan cloud storage seperti Google Drive atau OneDrive.

3. Jangan Buka Email Sembarangan

Jangan-buka-email-sembaran
Mencegah serangan ransomware juga dibutuhkan kewaspadaan, salah satunya adalah jangan membuka email sembarangan. Ya, hacker telah menemukan bahwa email adalah cara yang bagus untuk menginfeksi target.
Hacker akan membuat alamat email palsu dan mengirim email yang terlihat seperti perusahaan atau pemerintah, sesuatu yang kamu sukai, atau mengirim sebagai seseorang yang kamu kenal. Dengan begitu kamu akan merasa seolah-olah itu perlu untuk dibuka.

4. Jangan Download Software Sembarangan

virus aplikasi bajakan
Software yang kamu unduh di internet juga merupakan sumber penyebaran virus Ransomware, terutama untuk software gratis atau bajakan.
Mungkin saja program tersebut datang dengan beberapa fitur tambahan yang diinginkan, salah satunya virus ransomware.
Bagaimana pun, sulit untuk menyangkal keberadaan software bajakan. Tapi, dengan adanya software bajakan, tidak sedikit yang menderita kerugian. Dengan demikian sebenarnya lebih baik mengeluarkan uang untuk membeli software original. Semua kembali lagi kepada kamu.

5. Update OS dan Software Terbaru

windows-10-microsoft
Selain untuk menikmati berbagai fitur baru, update OS juga membawa perbaikan keamanan penting secara rutin. Pun demikian versi software.
Karena seiring waktu, pada suatu sistem pasti bakal ditemukan celah keamanan. Hakcer bisa saja mengeksploitasi keretananan tersebut untuk melancarkan serangan seperti dengan menyusupkan ransomware.
Jadi, pastikan kamu sudah menggunakan sistem operasi dan software versi terbaru.

Kesimpulan

Ransomware memang merupakan virus yang dianggap sangat mengancam dalam satu tahun terakhir. Alasannya, malware ini dapat mematikan dan melumpuhkan perangkat, kemudian akan menampilkan peringatan yang menyebutkan komputer korban tak bisa diakses. Karenanya, kamu harus membayar sejumlah uang agar bisa mengakses perangkatnya kembali.
Memang tak cukup menggunakan antivirus (untuk memblokir ransomware). Tidak ada yang 100 persen efektif. Tapi, kamu juga tetap harus menginstal antivirus, baik yang gratis maupun berbayar untuk pencegahan. Bagaimana pendapat kamu?
Jalantikus.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips dan Cara Mengatasi Komputer Di Serang Virus Ransomware
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dirmanraissu.blogspot.com/2016/12/tips-dan-cara-mengatasi-komputer-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Mas Dirman Raissu. Powered by Blogger.