selamat datang.....!

Find Us On Facebook

Blog Roll

Blogroll

Advertisement

Facebook

Advertising

Monday, November 14, 2016

Cara baru memindah tulisan di buku ke komputer(ms.word)2016

Hi Gan kali ini Mas Dirman Raissu akan beri info bagaimana cara mindah tulisan di buku ke komputer,nah buat kamu yang lagi masih sekolah atau kuliah, biasanya dalam ngerjain tugas kamu perlu ngambil kutipan dari buku. Tapi pasti kamu males kan kalau harus ngetik kalimat dalam buku tersebut. Apalagi kalau kata-kata yang mau kamu kutip itu banyak, misalnya satu halaman full. Nah, Saya mau kasih cara gampang copy-paste isi buku cetak jadi teks di komputer.


    Metode yang digunakan adalah OCR (Optical Character Recognition). Cara kerja OCR adalah mengenali tulisan yang terdapat pada sebuah gambar dan mengubahnya menjadi karakter teks digital. Saya langsung kasih tau langkah-langkahnya, ya!

    Cara Gampang Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks di Komputer

    • Siapkan gambar hasil scan buku yang ingin kamu kutip. Usahakan scan atau foto buku kamu dengan resolusi gambar yang tinggi, serta pastikan tidak ada noda atau coretan pada tulisannya.
    scan
    • Kamu download dulu software berikut ini. Namanya FreeOCR. Lalu kamu install seperti biasa. Kamu pasti bisa, lah.



    • Setelah ter-install, buka programnya. Kemudian klik tanda X warna merah untuk menghapus teks default yang ada. Teks ini sebenarnya merupakan instruksi singkat menggunakan program FreeOCR.
    x
    • Klik "Open" untuk membuka file hasil scan atau foto buku kamu.
    open
    • Pilih gambar hasil scan atau foto buku yang mau kamu jadikan teks. Terus klik "Open". Kamu bisa memilih lebih dari satu gambar atau halaman.
    choose
    • Klik "OCR" untuk memulai proses OCR. Kalau gambar yang kamu masukkan lebih dari satu, kamu bisa pilih "OCR Current Page" untuk memproses satu halaman saja, atau pilih "OCR All Pages" untuk semua halaman sekaligus.
    start
    • Tunggu proses OCR berjalan. Lamanya proses ini bergantung pada banyaknya teks di dalam gambar yang kamu masukkan.
    process
    • Setelah teksnya muncul, perhatikanlah setiap kata untuk melihat apakah ada kesalahan membaca teks. Sebab, keakuratan kata-kata juga bergantung pada kejernihan hasil scan buku kamu.
    edit
    • Setelah itu, kamu bisa mem-block sebagian atau seluruh teksnya untuk di-copy ke program lain. Kamu juga bisa menyimpan dalam bentuk file *.txt (notepad), *.doc (Microsoft Word), atau RTF.
    block
    Nah, sekarang kamu sudah bisa mengubah teks di buku cetak kamu jadi teks ketikan yang bisa kamu copy-paste dan edit sesuka hati. Cara ini pasti berguna banget kalau kamu sedang berada dalam deadline yang ketat. Misalnya tugas yang cuma dikasih waktu sehari, atau kamu lagi nggak sempat karena disibukkan dengan kerjaan lain.
    Semoga Bermanfaat..!
    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
    Judul: Cara baru memindah tulisan di buku ke komputer(ms.word)2016
    Ditulis oleh Unknown
    Rating Blog 5 dari 5
    Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dirmanraissu.blogspot.com/2016/11/cara-baru-memindah-tulisan-di-buku-ke.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
    Share:

    0 komentar:

    Post a Comment

    Followers

    Mas Dirman Raissu. Powered by Blogger.

    Arsip Blog