selamat datang.....!

Find Us On Facebook

Blog Roll

Blogroll

Advertisement

Facebook

Advertising

Thursday, November 10, 2016

Hebat China Bisa Membuat Matahari yang 3 kali lebih panas dari matahari asli

Sering kali kita mengeluh ketika bepergian atau beraktivitas di luar di siang bolong. Ya, apalagi karena panasnya matahari. Belum lagi polusi udara dan pemanasan global semakin meningkat sehingga suhu bumi juga makin panas. Nggak kebayang kan betapa panasnya suhu matahari?
Hal mengejutkan dan merupakan penemuan besar terjadi di China. Pada bulan Februari tahun ini, para ilmuwan di China telah berhasil menciptakan matahari buatan. Bahkan panasnya diklaim mengalahkan panas inti matahari asli yakni 3 kali lebih panas. Bagaimana ceritanya ya?

China Ciptakan Matahari Buatan yang 3 Kali Lebih Panas dari Matahari Asli

Dilansir dari Tech Viral, dengan memanfaatkan energi fusi nuklir, mereka membuat plasma reaktor nuklir yang menghasilkan panas matahari buatan mencapai 50 juta kelvin atau hampir mendekati 50 juta derajat celsius. Sebagai pembanding, panas dari inti matahari asli dilaporkan sekitar 15 juta derajat celsius.
Jika sebelumnya panas matahari buatan (50 juta kelvin) bertahan selama 102 detik, sekarang ini para ilmuwan telah berhasil mempertahankan hingga satu menit penuh. Seluruh eksperimen ini dilakukan di fasilitas Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) yang bertempat di Institut Plasma Physics di Hefei.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat salinan persis dari fusi nuklir yang terjadi jauh di dalam inti matahari. Selanjutnya, mereka membuat gas terionisasi panas yang dikenal sebagai plasma (di mana atom menyatu bersama-sama untuk menciptakan energi dalam jumlah besar).
Pencapaian ini membuat China satu langkah lebih dekat dengan tenaga fusi praktis dan sekaligus menempatkan Negeri Tirai Bambu itu setara dengan kemampuan Uni Eropa, Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang yang merupakan negara terdepan dalam teknologi fusi. Sangat menarik bagaimana dunia merespon terobosan dari China ini, bagaimana menurut kamu?
sumber:Jalantikus.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hebat China Bisa Membuat Matahari yang 3 kali lebih panas dari matahari asli
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dirmanraissu.blogspot.com/2016/11/hebat-china-bisa-membuat-matahari-yang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Mas Dirman Raissu. Powered by Blogger.

Arsip Blog